Rabu, 01 September 2010

1000 Orang Tuntut Kebebasan Beragama


Sebanyak 30 elemen masyarakat berkumpul dan menggelar aksi demonstrasi di depan Istana Negara, Jakarta. Mereka menuntut adanya kebebasan beragama yang dilindungi negara.
Pantauan di lokasi, aksi dilakukan bergeser dari rencana semula yaitu menjadi di dekat patung kuda. Hal ini dikarenakan jalur di depan istana telah disterilkan, sebagai persiapan peringatan HUT RI pada Selasa lusa.

“Kami didukung 30 elemen bangsa. Di sini bukan hanya satu agama tapi untuk seluruh agama yang ada. Kami juga meminta kebebasan beragama,” kata juru bicara Saor Siagian di lokasi, Minggu (15/8/2010).

Saor menambahkan, pihaknya kecewa dengan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait masalah kebebasan beragama ini. “Kami kecewa dengan pemerintahan SBY, karena kebebasan beragama di Indonesia tidak bisa bisa dilaksanakan,” tandasnya.

Sebagian besar pendemo yang berjumlah sekira seribu orang itu mengenakan pakaian serba hitam dan membawa bendera yang diikatkan setengah tiang di sebilah bambu. “Ini (bendera setangah tiang) simbol duka cita kebebasan beragama di Indonesia,” tegas Saor.

Selain itu, peserta demo juga mengenakan pita warna merah dan biru yang diikatkan di lengan masing-masing. Aksi yang dimulai pukul 13.30 WIB dengan orasi ini kemudian dilanjutkan dengan kebaktian bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar